Sabtu, 06 Januari 2018

Lulur Asal Sulawesi Selatan Mabello


Bedda' lotong atau bedak hitam (Mabello) merupakan ramuan alami wanita suku bugis yang terlupakan,karena dulunya banyak yang menggunakannya sebagai lulur pemutih badan alami namun kini tergantikan oleh produk perawatan modern.

Banyak diantara kita mungkin belum mengetahui Bedda’ Lotong (bedak hitam), sebuah rahasia kecantikan turun menurun dari nenek moyang suku Bugis (Sulawesi Selatan) yang diberikan kepada para penerusnya. Rahasia kecantikan yang bermanfaat untuk memutihkan serta mengencangkan kulit tubuh ini telah digunakan sejak jaman dahulu oleh berbagai kalangan wanita suku bugis, baik itu untuk perawatan tubuh sehari-hari maupun untuk acara istimewa seperti pernikahan ataupun acara adat. Bedda' lotong atau bedak hitam adalah lulur alami yang terbuat dari bahan baku dasar beras ditambah dengan ramuan alami lainnya.

Bedda' Lotong (bedak hitam) kini perlahan mulai tersingkirkan oleh produk kecantikan modern yang jumlah dan bentuknya semakin beragam. Padahal jika kita mengetahui serta membandingkan bahan alami serta manfaat yang terkandung pada bedda’ lotong (bedak hitam) ini dengan produk kecantikan modern, mungkin kita akan lebih memilih menggunakan ramuan lulur alami herbal tradisional ini. Berikut kami sajikan berapa manfaat dari bedda’ lotong (bedak hitam) ini, yaitu:

➤ Melembabkan dan meningkatkan elastisitas kulit sehingga lebih cerah;
➤ Membantu meregenerasi kulit rusak atau mati;
➤ Memperbaharui pigmen melamin dalam kulit;menangkal sinar ultraviolet;
➤ Menghilangkan gatal-gatal pada kulit;
➤ Mencegah penuaan dini pada kulit;
➤ Memperlancar aliran darah; dan
➤ Mengharumkan kulit sehingga menjadikan pikiran rileks dan tenang.

Untuk membuat bedda' lotong (bedak hitam) yang sederhana tidaklah sulit. Bahan-bahan yang digunakan yaitu beras ketan hitam, air, temulawak, dan asam jawa. Beras hitam disangrai sampai mengembang kemudian parutan temulawak, air, dan asam jawa dimasukkan lalu diaduk sampai merata. Setelah merata campuran adonan didiamkan selama 1 malam sampai adonan menjadi lembut. Bedda lotong (bedak hitam) pun siap digunakan sebagai lulur alami atau herbal tanpa bahan pengawet.


KONTAK & CARA PEMESANAN

0 komentar:

Posting Komentar